Google for Nonprofit, Apa manfaatnya untuk Yayasan Anda?

Google for nonprofit, adalah sebuah program khusus dari Google yang memberikan fasilitas premium secara cuma-cuma khusus untuk lembaga nonprofit di dunia termasuk Indonesia.

Meskipun ada syarat khusus untuk NGO yang berhak mendapatkan aksesnya, tapi jika sudah lolos kualifikasi Anda berhak menggunakan  semua fasilitas premium yang disediakan.

Organisasi nonprofit di dunia seperti Kiva, Charity Water, bahkan UNICEF sudah menggunakan fasilitas ini untuk membantu campaign yang mereka buat. Di Indonesia, indorelawan.org, YCAB, termasuk kitabisa.com juga sudah menggunakannya sejak tahun 2015.

Techsoup Asia bersama kitabisa.com memiliki event khusus yang diadakan di berbagai kota yang salah satu tujuannya adalah menyebarkan informasi mengenai Google for Nonprofit agar lebih banyak digunakan oleh lembaga-lembaga nonprofit di Indonesia. Sayangnya, karena belum memahami betul manfaat fasilitas yang disediakan Google for Nonprfit, kadang beberapa NGO tidak begitu antusias untuk mengakses fasilitas ini.

Di tulisan ini, saya akan coba menjelaskan apa sebenarnya manfaat yang bisa Anda dapatkan jika sudah lolos kualifikasi dan menggunakan fasilias Google for Nonprofit untuk Yayasan Anda.

Bagi Anda yang mungkin menjabat sebagai pimpinan di Yayasan dan tidak begitu mengerti teknologi, share artikel ini ke orang di Yayasan Anda yang biasa mengurus semua hal teknis agar dibaca. Meskipun demikian, saran saya Anda tetap harus membacanya karena ini cukup penting. Dan yang paling penting, Google for nonpforit ini Gratis!

Jika Anda cukup mengerti membaca artikel ini, silahkan langsung mendaftar di techsoup asia.

Saya juga sudah membuat artikel khusus Panduan Lengkap Cara Mendaftar Google for Nonprofit disini.

 

#1 Iklan Adwords Gratis 130jt/bulan!

Ada 2 tipe orang saat mendengar informasi ini.

Pertama, teman-teman yang belum familiar dengan dunia online. Dan kedua, teman-teman yang sudah familar dengan dunia online.

Bagi teman-teman yang belum familiar dengan dunia online, agar mudah dipahami, saya akan jelaskan dengan studi kasus.

Studi kasus ini saya ringkas dari press confrence yang Google adakan di kantornya saat peluncuran resmi Google Nonprofit untuk NGO di Indonesia. Kebetulan saat itu saya mewaikili Kitabisa.com untuk menjelaskan studi kasus penggunaan Google AdGrant untuk membantu mendapatkan donasi.

Press Confrence Google AdGrants

Press Confrence Google AdGrants

Kiri ke kanan: Janelle Kuhlman (Ad Grants Program Manager), Saya sendiri, Fahri Amirullah (Digital Marketing Manager Kitabisa.com), Emanuel Cahyono (Lead Software Engineer Indorelawan.org), Westly Tanbri (IT Development Manager Yayasan Cinta Anak Bangsa), dan Erin Hattersley (Google for Nonprofits Program Manager)

 

Saya akan mulai dengan studi kasus pertama dari YCAB Indonesia.

Bagi Anda yang belum tahu, YCAB merupakan singkatan dari Yayasan Cinta Anak Bangsa yang berfokus di bidang pengembangan anak muda. YCAB juga merupakan Salah satu NGO terbesar di Indonesia, yang berhasil masuk sebagai TOP 500 NGO dunia dari NGO ADVISOR-GENEVA urutan ke 49. Lihat langsung di http://www.ycabfoundation.org

YCAB menggunakan Ad Grants (Iklan Gratis dari Google) untuk 2 hal utama. Pertama Branding, dan kedua untuk Campaign Program. Berikut saya kutip dari slide yang disampaikan Westly Tanbri (IT Development Manager Yayasan Cinta Anak Bangsa).

screen-shot-2016-11-14-at-3-53-03-pm

Jadi, dengan iklan gratis tersebut, YCAB mempromosikan website mereka dengan ‘keyword’ tertentu agar website YCAB muncul saat orang ‘googling’ dengan keyword tersebut.

Seperti yang disebutkan di atas, karena tujuan YCAB menggunakan iklan google untuk keperluan Branding dan Awareness campaign, maka targetnya adalah mendapatkan sebanyak mungkin kunjungan ke website atau traffic.

Contoh iklan YCAB

screen-shot-2016-11-14-at-6-17-48-pm

 

screen-shot-2016-11-14-at-6-18-21-pm

 

Seperti yang Anda lihat diatas, jika kita googling ‘Yayasan Indonesia’ atau ‘Yayasan Anak’, maka website YCAB akan muncul paling atas di hasil pencarian google sehingga kemungkinan untuk di klik lebih tinggi oleh pengunjung.

Untuk beriklan seperti diatas, kita harus membayar ke Google dengan harga tertentu. Tapi dengan fasilitas Google AdGrant khusus nonprofit, kita bisa menggunakannya dengan gratis dengan budget maksimal $10.000/bulan. Kalau dirupiahkan, budget iklan Anda bisa mencapai Rp 130jt!

Bagaimana hasilnya untuk YCAB?

screen-shot-2016-11-14-at-6-22-29-pm

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, YCAB berhasil mendapat kunjungan website yang signifikan pada 3 bulan pertama menggunakan AdGrants. Bahkan pada bulan kedua, kunjungan website meningkat lebih dari 100%.

Semakin banyak kunjungan ke website, maka semakin tinggi kemungkinan tercapainya tujuan campaign.

Jika YCAB mengiklankan program spesifik pengembangan skill untuk pemuda misalnya, maka semakin banyak anak muda yang mengakses websitenya, semakin besar kemungkinan mereka mendaftar ke program yang YCAB buat.

Atau bisa juga dalam hal ini, YCAB bisa mengatakan bahwa makin tinggi kunjungan ke websitenya, makin positif ‘brand’nya.

Saya tidak punya data kuantitatif tentang ini, untuk lebih detail tentang pengukuran keberhasilan brandnya, silahkan kontak langsung YCAB jika ingin mengetahui lebih lanjut 🙂

Studi Kasus 2. Indorelawan.org menggunakan AdGrant untuk mendapatkan relawan secara signifikan

Indorelawan adalah wadah online yang membuat kolaborasi antara relawan dan organisasi/komunitas sosial menjadi lebih mudah. Indorelawan menghubungkan relawan dan organisasi/komunitas yang bekerja untuk tujuan sosial. Silahkan kunjungi langsung websitenya untuk info lebih detail http://indorelawan.org/

Apa tujuan Indorelawan menggunakan AdGrant?

Indorelawan menggunakan AdGrant untuk 3 tujuan utama. Pertama meningkatkan Awareness, kedua meningkatkan pengunjung website, dan ketiga menambah jumlah user yang mendaftar sebagai relawan.

Tujuan penggunaan Google AdGrant oleh indorelawan.org

screen-shot-2016-11-14-at-6-28-56-pm

Berikut contoh iklan yang Indorelawan yang saya kutip dari slide yang dipresentasikan oleh Emanuel Cahyono (Lead Software Engineer Indorelawan.org),

screen-shot-2016-11-14-at-6-28-25-pm

Jika Anda perhatikan gambar diatas, Indorelawan menggunakan AdGrant untuk menarget semua keyword yang berhubungan dengan isu sosial.

Mulai dari isu lingkungan, gerakan hijau, isu pengembangan masyarakat, kegiatan sosial masyarakat, dll.

Hal ini dilakukan untuk menargetkan semua orang yang googling mengenai keyword tersebut, untuk akhirnya mengunjungi website indorelawan.org agar masuk ke halaman projek dengan tema tersebut.

Contoh: Saya seorang yang tertarik dengan gerakan hijau di jakarta selatan, lalu saya googling untuk mencari info tersebut. Karena website indorelawan muncul paling atas di hasil pencarian google, maka saya klik. Setelah sampai di website, ternyata disana ada info mengenai gerakan-gerekan hijau yang ada di Jakarta. Maka kemungkinan besar saya akan menjadi user di website indorelawan. Bisa mendaftar sebagai relawan, ataupun membuat kegiatan dengan tema gerakan hijau dan mencari relawan untuk kegiatan yang saya buat.

Bagaimana hasilnya untuk Indorelawan.org?

screen-shot-2016-11-14-at-6-39-19-pm

Seperti yang dapat Anda lihat diatas, indorelawan.org sangat baik menggunakan Google AdGrant. Hasilnya, berkat iklan gratis dari Google Adgrant, website indorelawan mendapat kunjungan lebih dari 300% dari sebelumnya, dan yang paling penting berhasil mendapatkan lebih dari 3000 Relawan mendaftar. Amazing!

Apa yayasan Anda pernah mengeluarkan iklan hingga $10.000/bulan untuk iklan online?

 

Contoh ketiga, Kitabisa.com menggunkan Google AdGrant untuk mempromosikan campaign Indonesia-F1 dan Campaign Bantu Aleppo.

Bagi Anda yang belum tahu, Kitabisa.com adalah website untuk menggalang dana.

Siapapun bisa menghalang dana untuk isu atau masalah sosial yang Anda dukung, xan juga berdonasi untuk campaign campaign yang dibuat orang lain.

Untuk penggunaan AdGrant, saya akan berikan contoh bagaimana AdGrant membantu mempromosikan campaign dan mendatangkan donasi.

Contoh 1 campaign indonesia F1.

Campaign ini adalah penggalangan dana yang dibuat oleh fans Rio Hariyanto untuk membantu Rio maju menuju F1 karena sebelumnya terhambat masalah dana.

Berikut contoh iklan untuk promosi campaign Rio Hariyanto

screen-shot-2016-11-14-at-6-43-25-pm

 

screen-shot-2016-11-14-at-6-43-02-pm

Seperti yang Anda lihat diatas, jika saya tertarik dengan masalah Rio Hariyanto, ataupun F1, maka halaman campaign Rio di kitabisa.com akan muncul paling atas di hasil pencarian google.

Dengan begitu, kunjungan website akan meningkat, dan jika user tergerak setelah membaca halaman campaign rio, maka kemungkinan besar akan ikut berdonasi untuk membantu Rio.

Begitu juga dengan canpaign kedua, membantu korban Bom di Aleppo Syiria.

screen-shot-2016-11-14-at-6-43-38-pm

screen-shot-2016-11-14-at-6-43-48-pm

Seperti yang Anda lihat diatas, saya menargetkan semua keyword yang terkait dengan isu Aleppo syiria.

Dengan begitu, kunjungan website akan meningkat, dan jika user tergerak setelah membaca halaman campaign bantu korban Aleppo, maka kemungkinan besar akan ikut berdonasi untuk membantu para korban.

Bagaimana hasilnya untuk Kitabisa.com?

screen-shot-2016-11-14-at-9-48-02-pm

 

screen-shot-2016-11-14-at-9-48-17-pm

 

Google Ad Grants efektif mempromosikan campaign trending menghasilkan direct donasi dan non-direct donaons (20%-30% traffic website berasal dari iklan google gratis)

 

********************************

Jika teman-teman sudah familiar dengan dunia online marketing, setelah mendapat info ini, biasanya berikut komentarnya: ”Wow, beneran free ni Adwords $10.000/bulan? Bisa buat ngiklan apa aja?”

Jawaban untuk pertanyaan diatas adalah YA, gratis. Unlimited setiap bulan $10.000 atau setara Rp130jt untuk iklan di Adwords.

Tidak ada batasan kapan berakhirnya, selama program Google for Nonprofit ini masih berlangsung dari Google, setiap bulannya kita bisa beriklan sebanyak $10.000. Anda bisa menggunakannya untuk mengiklankan program, mencari voluteer, mencari donatur, bahkan mengiklankan produk yang Yayasan Anda jual.

Kelemahanya hanya satu, Google Adwords gratis atau Google Adgrants ini hanya bisa digunakan untuk iklan tipe Search, bukan display dll.

Di kesempatan press confrence yang lalu, saya menanyakan hal ini langsung ke Erine (Google for Nonprofit Program Manager Global), jawabannya memang saat ini belum ada kabar apapun dari Google terkait AdGrants untuk Display Network. Semoga bisa segera diberikan akses agar AdGrants bisa lebih powerful.

Sebagai informasi, Google for Nonprofit ini sudah ada sejak tahun 2003 dan dapat di akses di lebih dari 50 negara di dunia. Jadi selama program ini masih ada, akses $10.000/bulan ini masih akan berlanjut atau mungkin bisa ditambahkan.

#2 Google Apps Gratis

Jika Anda masih menggunakan akun gmail untuk email resmi NGO Anda, ini adalah fasilitas yang tepat untuk segera Anda gunakan.

“Halo mas, ini email Andi dari komunitas xxxxx ya. [email protected]

“Halo mas, ini email Andi dari komunitas xxxxx ya. [email protected]

Mana yang menurut Anda lebih ‘keren’ dan terpercaya?

Yap, pasti yang kedua.

google-apps-work1

Email resmi dengan domain nama yayasan akan lebih terpercaya, mudah di ingat, dan juga bisa dengan bebas Anda buat untuk kepentingan Yayayasan Anda. Misalnya untuk bagian umum, Anda bisa siapkan email khusus

[email protected], untuk bagian program, Anda bisa buatkan [email protected], dll

Sebagai informasi, jika Anda menggunakan Google Apps untuk service email Yayasan Anda, maka Anda harus mengeluarkab uang yang cukuo besar. Kalau tidak salah saat ini sekitar $5/akun email setial bulannya. Jika tim di Yayasan Anda lebih dari 10 orang, silahkan hitung sendiri.

Nah, dengan fasilitas Google Apps untuk nonprofit, Anda bisa mendapatkan fasilitas di atas secara gratis unlimited untuk berapapun tim yang Anda punya.

Anda bisa membuat email dengan domain resmi yayasan, dan membuka email tersebut dengan mudah di gmail.com. Sangat mudah, cepat, dan lebih terpercaya!

Dari 7 fasilitas yang diberikan Google, menurut saya 2 hal diatas adalah fasilitas yang paling penting dan sangat bermanfaat untuk Anda Gunakan.

 

Jangan lewatkan kesempatan gratis ini.

Sekali lagi, jika Anda cukup mengerti membaca artikel ini, silahkan langsung mendaftar di techsoup asia.

Saya juga sudah membuat artikel khusus Panduan Lengkap Cara Mendaftar Google for Nonprofit disini.

Jika belum begitu paham, silahkan tanyakan di komentar website dibawah atau share artikel ini ke tim teknis di Yayasan Anda.

Semoga membantu 🙂

Salam,


Fahri Amirullah
Internet Marketing for Good